Menurut Dave Chattaway, kepala penilaian brand olah raga dari Brand Finance alasan di balik keberhasilan ini ternyata adalah keluarga Glazers.
“Salah satu faktor kunci dari kesuksesan Glazers ini adalah fakta bahwa dia berhasil mempertahankan ‘brand manager’ terpenting di klub ini, Sir Alex Ferguson,” jelas Dave.
“Keluarga Glazers telah memberikan Ferguson sumber daya dan ruang yang dibutuhkan untuk bisa mencapai prestasi yang konsisten di lapangan yang dengan sendirinya berefek ke luar lapangan,” ujar Dave.
Analisis dari firma konsultan Brand Finance menyatakan bahwa nilai brand dari juara Barclays Premier League itu naik dua kali lipat sejak pertama kali diambil alih oleh keluarga Glazers.
Nilai merk Manchester United naik dari £197 juta pada 2005 menjadi £412 juta pada tahun ini.
“Dari pengambil alihan yang tak mulus hingga kampanye “Green and Gold”, jelas ini bukanlah perjalanan yang mudah bagi keluarga Glazers,” tutur Dave
“Namun, pendaftaran saham di Singapura yang berlangsung hanya sukses akan menjadi modal selanjutnya dari nilai yang telah dibangun klub selama ini. Proses ini akan memungkinkan keluarga Glazers menghapus utang, mempertahankan kontrol, dan memberikan keluarga tersebut jalan keluar dari Manchester yang sempurna,” terang Dave.
Laporan keuangan secara garis besar memperlihatkan bahwa keuntungan operasional tahunan adalah £110,9 juta, sementara penghasilan secara keseluruhan meningkat menjadi £334,1 juta atau naik £45 juta dibandingkan tahun sebelumnya. Keuntungan dari pra-pajak mencapai £29,7 juta, jauh meningkat dibanding kerugian £15 juta tahun lalu.
Turnover di tiga bisnis utama meningkat di semua area di mana peningkatan tertinggi terjadi di bidang komersial yang meningkat dari £81,4 juta menjadi £103,4 juta. Ini disebabkan oleh perjanjian senilai £80 juta dengan sponsor utama AON Corp dan perjanjian kostum latihan senilai £40 juta dengan DHL.[OZ]
glort man united....
BalasHapus